Resep Cara kacang telur renyah dan gurih

Resep Cara kacang telur renyah dan gurih

Resep Cara kacang telur renyah dan gurih- Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue.
Resep Cara kacang telur renyah dan gurih
Resep Cara kacang telur renyah dan gurih
Kacang tanah juga dikatakan mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit.Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan dapat mencegah penyakit jantung. Kacang tanah bekerja meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resoki penyakit jantung koroner. 

Resep Cara kacang telur renyah dan gurihPada kesempatan kali ini kami akan berbagi resep cara membuat Kacang Telur renyah dan gurih sebagai sajian untuk lebaran.Tata cara pembuatan dan bahan yang kita butuhkan sangat mudah karena bisa kita dapatkan di pasar-pasar maupun super market.Perahtikan bahan dan langkah-langakh membuat kacang telur renyah dan gurih.



Membuat Resep Kacang Telur Renyah

Bahan bahan Resep Kacang Telur Renyah dan Gurih

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah kacang tanah sebanyak 400 gram. Gunakan kacang tanah yang sudah dikupas dan kondisi butirannya penuh dan tidak pecah.
  2. Telur Ayam ukuran sedang besar sebanyak 4 butir. 3 butir telur ayam diambil bagian kuningnya saja dan 1 butir diambil semua bagian (putih dan kuning telurnya).
  3. Gula pasir halus atau gula bubuk sedikit saja untuk menambah rasa manisnya (kurang lebih cuma butuh sekitar setengah sampai satu sendok makan saja. Apabila teman teman suka manis, jumlah gula bisa ditambahkan).
  4. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 10 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk campuran bumbu.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya (kurang lebih butuh cuma sekitar 2 sendok kecil atau dua sendok teh).
  6. Santan kental kurang lebih sebanya 200 ml. Kalau bisa, lebih baik menggunakan santan kental dari perasan buah kelapa supaya lebih gurih dan renyah.
  7. Kemiri kurang lebih 2 pcs. Sangrai dulu dan kemudian haluskan untuk bumbunya.
  8. Tepung maizena kualitas bagus kurang lebih sebanyak 85 gram saja.
  9. Tepung kanji atau dikenal juga dengan tepung tapioka sebanyak 350 gram.
  10. Air bersih secukupnya (kurang lebih butuh sekitar 200 ml).
  11. Ketumbar halus atau bubuk kurang lebih sekitar seperempat sendok kecil atau sendok teh.
  12. Minyak goreng untuk menggoreng kacang telur secukupnya.

Berikut Resep Kacang Telur yang Renyah:

  1.  Langkah pertama adalah yang bunda lakukan adalah  menggoreng kacang tanah dengan cara di sangrai, jangan lupa sambil di Bolak balik dan aduk aduk supaya tidak gosong. kemudian tiriskan kacang yg sudah dsangrai agar dingin  sebelum di campur dengan bahan lainnya.
  2. langkah kedua siapkan wadah cukup besar. Masukkan bawang putih ,kemiri yang sudah dihaluskan, garam dan gula halus. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan kacang tanah sangrai ke dalam wadah,kemudian aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  4. siapkan telur kemudian pecahkan telur lalu campur dengan bumbu,telur dan aduk aduk sampai tercampur rata dengan kacang dan bumbu lainnya.
  5. Kemudian masukkan santan kental yang sudah dipersiapkan. Aduk santan dengan bahan lain sampai semuanya rata.
  6. Masukkan   tepung maizenanya. Aduk aduk kembali sampai semua bagian rata dan pisahkan butiran kacang satu sama lain supaya tidak menempel.
  7. Masukkan tepung kanjinya kedalam adonan kacang kemudianduk aduk sampai semua bagian kacang tertutupi dan tercampur dengan tepung. usahakan adonan kacang jangan sampai menempel satu dengan yang lainnya.
  8. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil agar kacang tidak cepat gosong dan bisa matang merata. Isi dengan minyak cukup banyak supaya semua bagian kacang telur terendam dengan minyak panas.
  9. Masukkan adonan kacang telur kedalam penggorengan lalu goreng sampai berwarna kecoklatan dan matang. Lakukan sampai semua adonan kacang habis ya bunda .
Sebelum dimasukkan ke dalam toples,tiriskan kacang telur  terlebih dahulu agar kacang telur tetap renyah apa bila benar benar sudah dingin kemudian dmasukkan kedalam toples. selamat mencoba bunda 

Baca juga : Cara membuat kue nastar selai nanas yang lembut dengan parutan keju

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara kacang telur renyah dan gurih"

Post a Comment